Cara Cepat Buka Usaha Online

Posted on Updated on

Cara cepat buka usaha online – Tulisan ini diilhami dari sebuah BBM dari teman yang ingin buka usaha tapi kebingungan karena kebanyakan mikirnya.

“Bro. . .”

“Ya”

“Gimana kabar, wah usahanya banyak yak sekarang?”

“Alhamdulillah, baik2 aja. . .hehe engga kok dikit doang”

“Ah masak, tiap hari ganti-ganti DP mulu nawarin produk terus”

“Hehe, iya bro, bantuin promo usaha orang, lumayanlah bisa buat beli popok
sama susu anak :)”

“Ajarin dong gimana caranya?”

“Boleh . . .”

“Itu cuma promo produk orang doank? lo reseller/dropshiper?

“Dua-duanya . .”

“Kalo sambil kerja kayak gua bisa ga?”

“Bisa”

“Perlu buat toko online ga?”

“Modalnya berapaan?”

“Untungnya berapaan/bulan?”

“Kalo ga laku gimana?”

(Belum sempet bales)

“Lo jualnya kemana aja? pake BB doank? lihat toko onlinenya donk?”

“Jualan online apa ga takut dibilang penipuan?”

“Kalo ada pembeli yang komplain gimana?”

….. (hening)

“Woi bales woi”

. . . (saya tinggal mainan sama anak)

. . . (hening lama)

“Kupret, gua dicuekin”

(buka BBM dan ngakak)

Sekelumit BBM yang membuat saya malas untuk menjawab semua pertanyaan. Belum mulai saja sudah banyak yang ditanyakan dan ditakutkan. Akhirnya bisa tidak mulai-mulai buka usaha. Daripada menjelaskan panjang lebar di BBM, mending dishare saja disini biar banyak orang yang membaca.

Sebenarnya usaha online itu kan adalah usaha yang biasa dilakukan secara konvensional di dunia nyata, lalu berpindah dijajakan di dunia maya, titik. Simpel. Setuju kan?

Jaman sudah semakin berubah, orang jaman sekarang lebih sering bermain-main di dunia maya, ya facebook-an lah, twitter-an, BBM-an, YM-an, Youtube-an, termasuk Anda yang sedang baca tulisan ini. Kalau bicara masalah data, silakan saja searching di google, survey tentang berapa banyak pengguna internet saat ini. Dan jawabannya pasti banyak. Hal ini menjadi alasan, kenapa sekarang banyak sekali orang yang ingin buka usaha online, karena
ada peluang disana.

Eits, buka usaha online tidak sama dengan Anda punya toko online. Orang sering salah tafsir, kalau buka usaha online itu harus punya toko online dengan memajang barang dagangannya di halaman depan websitenya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa semua usaha baik jual barang, jasa, baik itu benda riil ataupun software yang dijual di dunia maya itu dinamakan usaha online dan toko online termasuk didalamnya.

Jika Anda sudah sepaham, mari kita kupas gimana cara cepat buka usaha online menurut saya yang dirangkum dari buku, guru dan pengalaman. Cepat disini bukan berarti Anda praktek langsung cepat dapat untung berlipat, tapi bagaimana cara cepat untuk segera mulai buka usaha online. Nikmatilah prosesnya, Untung berlipat adalah bonus dari seberapa besar usaha yang Anda lakukan. Semua usaha baik yang online ataupun offline semua ada step untuk menuju sukses.

Cara Cepat Buka Usaha Online

Menurut saya, cara cepat untuk buka usaha online ada beberapa step, diantaranya :

1. Niat dan Doa
Jelas, tak hanya usaha, ibadah saja juga perlu niat, untuk meluruskan arah dan tujuan serta konsistensi. Dengan dibarengi doa, semoga dimudahkan untuk segera dapat ide buka usaha apa dan dimudahkan jalannya. Doa termudah yang pernah diajarkan ustad Yusuf Mansur adalah “Ya Alloh, jadikan Aku seorang pengusaha, Aamiin”, dibaca setelah selesai sholat (fardhu & sunnah), mudah kan? 🙂

2. Lihat Potensi Diri
Merenung dan berpikir apa potensi yang ada dalam diri yang bisa dijadikan sebagai ide untuk membuka usaha. Cek ke hobby, kebiasaan, kepandaian, ketrampilan, keahlian, pengalaman, yang Anda miliki, apakah memungkinkan untuk dijadikan modal usaha dari sisi imaterial.

3. Lihat Potensi Sekeliling

Jika masih belum ketemu ide untuk buka usaha, maka lihatlah disekeliling Anda. Ada kalimat, silaturrahim membuka pintu rejeki. Itu ada benarnya, ketika tak menemukan ide buka usaha, cobalah untuk mengunjungi saudara/teman yang sudah lama tak ketemu. Kadang ide atau bahkan rejeki datang dari orang yang kita kunjungi itu.

Anda juga bisa melihat sekeliling lingkungan, adakah sesuatu yang memungkinkan untuk ditawarkan di dunia online. Contoh simpel lihat gambar dibawah, apa profesi orang itu?

buka usaha online - tukang sol sepatu
tukang sol sepatu

Ya, seorang tukang sol sepatu. Sempat terpikirkah kalau itu bisa jadi usaha online? Coba bayangkan jika bapak tukang sol sepatu tak perlu lagi muter-muter cari orang yang ingin memakai jasanya, dia hanya duduk manis, mangkal dan tunggu orderan datang ketempatnya, jadi tukang sol sepatunya tak perlu susah payah lagi. Pasti pak tukang sol sepatu akan senang sekali jika kita memudahkan usahanya. Saya pernah mencoba untuk mengonlinekan usaha itu, postingnya ada disini. Dan pada saat saya menulis ini posisi postingan iklan masih di halaman 1 nomer 4 mesin pencari Google, seperti gambar dibawah.

jasa reparasi sol sepatu
jasa reparasi sol sepatu

dan ini bukti kalau, jasa kaki lima seperti reparasi sol sepatu-pun ada yang mencari lewat internet.

Jasa Reparasi Sol Sepatu 1
SMS Permintaan Jasa Reparasi Sol Sepatu

Tak banyak orang yang mengenal blotong tebu, Anda tahu? Blotong/Ampas dari tebu ini yang merupakan limbah dari pabrik gula ini ternyata banyak yang mencari baik untuk dijadikan pupuk, bahan dasar briket, dan pakan ternak. Dan ternyata, dalam sekali pemesanan/order, kebutuhannya bisa sampai berton-ton. Dan ternyata lagi, ini bisa dijadikan usaha online. Hanya dengan mempertemukan pembeli dan penyuplai limbah blotong, kita bisa kecipratan hasilnya lewat komisi. Dan saya pernah meng-online-kan usaha
ini.

supplier blotong tebu lumajang
supplier blotong tebu
Blotong Tebu
Blotong Tebu Yang Sudah di Packing

Jadi asal kita jeli melihat potensi atau bahkan masalah yang ada di sekeliling kita, dan kita bisa menemukan solusinya, itu bisa jadi peluang untuk ide buka usaha online.

Sekian dulu sharingnya, nanti kalau kepanjangan jadi tidak nyaman untuk dibaca. Trik selanjutnya akan dibahas di postingan berikutnya, Mohon doakan agar saya bisa istiqomah berbaginya. Sebagai oleh-oleh dari Anda membaca tulisan ini, bagi Anda yang ingin sekali buka usaha online, coba ikuti tips diatas dan tuliskan ide-ide/potensi yang ada disekitar Anda yang sekiranya bisa dijadikan ide untuk buka usaha online.

Terima Kasih buat Anda yang sudah membaca sampai kalimat ini, semoga bermanfaat dan SUKSES untuk kita semua.

———————————————————————

PS. Follow @maklar_IN untuk belajar bersama jadi maklar lewat internet, seperti cerita diatas atau Anda bisa mempelajarinya secara GRATIS disini.

Leave a comment