Anakku Demam Pertama Kali

Posted on Updated on

demam-pada-anak
Ilustrasi Anak Demam

Panik, itu mungkin yang saya rasakan ketika anak mulai rewel dan sedikit-sedikit nangis. Maklum profesi sebagai Ayah baru disandang belum genap satu tahun ketika ini terjadi.

Batuk sesekali terdengar disela-sela rintihannya, badan mulai agak panas. Suhunya masih normal tapi mendekati waspada, sekitar 36,5 derajad celsius. Semalaman menggendong agar tidak rewel dan berharap si junior mau tidur.

Masih bertahan untuk tidak mencoba berobat ke dokter, karena menurut sebuah buku tentang kesehatan anak dan riset, dalam setahun anak bisa sakit (ringan) 12 kali. Dan selama suhu masih normal, pemberian asi secara terus menerus itu lebih dari cukup. Karena ASI memang sudah didesain memiliki nutrisi yang dibutuhkan anak dan sekaligus sebagai obat anti bodi jika anak sedang terserang penyakit. Selain itu, dengan didukung minum air putih yang cukup, penyakit akan segera sembuh dengan sendirinya. Untuk anak usia lebih dari satu tahun, pemberian madu saat sakit akan sangat efektif, karena manfaat madu juga sebagai antibiotik alami, ketika tubuh terserang virus atau bakteri.

Intervensi untuk segera pergi ke dokter atau memberi obat akan selalu ada, baik dari keluarga sekitar atau ketidakyakinan kita sebagai orang tua karena merasa kasihan terhadap anak yang rewel. Namun didalam kondisi seperti ini, berserah, tabah dan sabar adalah jawabannya.

Dan akhirnya walaupun harus menunggu sampai 1 minggu lebih, akhirnya penyakitnya hilang sendiri. Si junior sudah biasa diajak bermain dan mulai mengeluarkan senyuman ajaibnya ketika diajak bercanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s