Bangunan Struktur Baja di UI

Posted on Updated on

bangunan struktur baja
bangunan struktur baja

Salah satu bangunan struktur baja yang masih dalam proses pengerjaan di Universitas Indonesia adalah bangunan Rumah Sakit yang berlokasi di dekat Balairung. Tak terasa sudah hampir selesai, padahal baru kemarin terakhir saya jalan-jalan sore bersama keluarga, masih berupa lapangan rumput yang hijau.

Rencananya Rumah sakit ini akan dijadikan rumah sakit pendidikan terbaik didunia. Dengan biaya pendidikan sebesar 300 milyar yang sebagian dananya dari pinjaman Jepang diharapkan bisa rampung dan dipakai di bulan desember 2013. Bangunan struktur baja rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 67 ribu meter persegi di samping Fakultas Ilmu Keperawatan. Rumah sakit ini terdiri dari 18 lantai. Empat lantai untuk pelayanan kesehatan atau poliklinik. Sisanya untuk ruang rawat inap. Memiliki kapasitas 300 buah, rumah sakit ini juga dilengkapi enam ruang operasi.

Terlepas dari segala isu tentang korupsi dan lain-lain, bangunan struktur baja rumah sakit ini sangat direncanakan matang-matang agar segera selesai. 24 jam nonstop proyek berjalan tanpa henti, truk-truk molen mondar-mandir keluar masuk bawa material.

Ketika lewat depan proyek selalu terbayang dengan pekerjaan saya sehari-hari sebagai drafter struktur baja. Seandainya saja bisa ikut berpartisipasi dalam membangun bangunan struktur baja dalam negeri. Entah kenapa job yang sering dikerjaan di perusahaan saya bekerja, kebanyakan proyek-proyek dari luar negeri, seperti Amerika dan Australia. Menurut penuturan atasan, perusahaan kalah saing karena biasanya job dalam negeri dikuasai oleh perusahaan tertentu. Padahal kemampuan kita tidak kalah dengan perusahaan yang mengerjakan bangunan struktur baja di UI itu. Kami biasa membangun gedung 2-4 lantai, dengan kesulitan yang diatas rata-rata. Bahkan bangunan industrial seperti konveyor juga sering kami kerjakan.

Penggunaan software tekla juga sangat memudahkan kami dalam menyelesaikan bangunan struktur baja yang sedang dikerjakan. Jadi secara tak langsung kita juga bisa disebut sebagai drafter tekla juga. Jika dilihat dari bangunan struktur baja yang sudah berdiri, rumah sakit UI ini struktur bajanya tidak terlalu rumit, karena sedikit komponen-komponen pelengkapnya, yang terlihat lebih banyak komponen pokok bangunan struktur baja-nya.

Apapun itu, semoga walau hanya sebagai rumah sakit pendidikan, nantinya bisa bermanfaat bagi penduduk sekitar, jika ada yang sakit dan butuh berobat. Seperti saya yang rumahnya masih dibilang dekat dengan bangunan struktur baja ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s