Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Posted on Updated on

tinggi badan anak

Pertumbuhan tulang anak secara signifikan dimulai pada usia 11 tahun hingga 15 tahun dan untuk anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan lebih cepat 2 tahun daripada perempuan. Pertumbuhan ini akan mencapai puncaknya pada usia remaja 20 tahun untuk laki-laki dan untuk wanita sekitar 18 tahun. Pertumbuhan ini akan mulai melambat setelah umur 20 tahun dan 18 tahun dan akan mulai berhenti pertumbuhannya di usia 30 tahun, setelahnya kekuatan tulang akan mulai menurun. Dari sini bisa kita simpulkan kapan waktu yang tepat untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang anak agar bisa tumbuh optimal dengan memberikan nutrisi yang cukup pada anak.

Pemberian nutrisi yang tepat di usia yang tepat akan menghasilkan tinggi badan yang optimal. Dari hasil penelitian nutrisi yang dibutuhkan anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang adalah meliputi protein, kalsium, fosfor, yodium dan vitamin A, D. Sedang nutrisi yang lain seperti zat besi dan seng hanya berpengaruh pada penambahan nafsu makan dan kekebalan tubuh anak, namun juga secara tak langsung berpengaruh kepada pertumbuhan tubuh anak.

Dari nutrisi diatas, yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang anak adalah vitamin D dan kalsium. Dengan pemberian vitamin D, tubuh akan terbantukan untuk melakukan proses penyerapan dan penggunaan kalsium yang dikonsumsi. Sehingga antara keduanya saling melengkapi.

Tanpa mengkonsumsi vitamin D, usus manusia hanya bisa melakukan penyerapan nutrisi sebesar 15% kalsium. Namun jika mengkonsumsi vitamin D, maka penyerapan usus akan sampai 30% dari kalsium yang dikonsumsi. Sehingga betapa pentingnya vitamin D dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang anak.

Makanan Sumber Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Selain susu, es krim, keju, dan yogurt sebagai sumber kalsium, untuk memenuhi kebutuhan kalsium secara alami juga bisa melalui makanan hewani dan nabati seperti brokoli, tempe, tahu, kacang kedelai, rumput laut. Sedang untuk pemenuhan vitamin D bisa mengkonsumsi telur, ikan, hati.

Jika anak susah makan atau alergi terhadap makanan diatas, ada suplemen peninggi badan alami, yang memiliki kandungan kalsium 400 mg/100gr atau sama dengan 40 kali lipat dari kandungan kalsium susu sapi (yang diekstrak dari tulang sapi). Sehingga dengan mengkonsumsi suplemen ini tanpa mengkonsumsi makanan lain yang disebutkan diatas dipastikan sudah mencukupi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang anak.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s